Laundry.my.id – Biasanya kita sebelum memutuskan membeli sesuatu terlebih dahulu mencari referensi mulai dari harga, spesifikasi, lokasi dan ulasannya. Bila produk Anda misalnya laundry, sudah ditulis dan diterbitkan di internet beserta deskripsi secara lengkap, hal ini memungkinkan menjadi referensi untuk calon pembeli. Marketing model seperti ini mampu menghasilkan rupiah yang berlipat. Seperti apa?

Cara-cara tradisional beriklan atau memasarkan produk adalah seperti media televisi, radio, koran maupun majalah tidak sama perlakuannya dengan pemasaran melalui web maupun email yang menghasilkan penjualan langsung dengan melalui e-Dagang (electronic commerce). Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita cari tahu mengapa kita perlu online marketing.

Mengapa Perlu Online Marketing?

Inilah saatnya Anda melakukan marketing secara online. Bila Anda saat ini masih belum memakai internet marketing untuk memasarkan bisnis Anda, kehadiran online itu sangat penting untuk membantu klien atau pelanggan potensial untuk menemukan bisnis Anda walaupun bisnis nya masih skala kecil maupun lokal. Online adalah tempat di mana bola mata berada sehingga di situlah bisnis Anda diperlukan.

Tahukan Anda ada sekitar 3 milyar orang yang mengakses internet di dunia. Sedangkan di Indonesia, menurut APJII sebuah organisasi yang melakukan tolak ukur pengguna internet mendapatkan fakta bahwa dua tahun lalu, 132,7 juta jiwa dari total 256,2 juta penduduk sudah melek internet, 65 persen berada di Pulau Jawa. Ini artinya separuh penduduk sudah terbiasa berselancar di dunia maya untuk mengakses beragam informasi. Dengan fakta inilah kita perlu online marketing untuk penetrasi usaha kita.

Definisi Online Marketing

Pemasaran Internet (http://blogjak.com/idwiki/Pemasaran_Internet ) atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) yakni segala sesuatu untuk memasarkan produk dengan media internet, Dengan adanya teknologi yang relatif baru pada sebagian orang atau kalangan usaha ini, maka terdapat bisnis yang berbasis tenologi ini, misalnya e-laundry.

Jenis-jenis Online Marketing

Ada beberapa jenis online marketing yang ada. Semua mempunyai keunggulan masing-masing, ada web marketing, email marketing dan social media marketing. Misalnya bila Anda tidak mempunyai toko fisik, Anda tak perlu berkecil hati untuk memulai usaha. Dengan melalui website yang Anda miliki, Anda dengan mudah memasarkan produk atau jasa.

Walau tidak populer seperti halnya website, email marketing masih menjadi pemasaran yang terbaik. Adanya penawaran secara personal dan eksklusif adalah salah satu cicri khas dari email marketing ini. Dan yang terakhir melalui media sosial, selain berbiaya murah juga gratis. Banyaknya pengguna yang terus bertumbuh dan terlampau banyak membuat sebagai tempat melakukan promosi online.

Strategi Internet Marketing

Hal ini sangat penting untuk mempelajari startegi dalam melakukan internet marketing agar mudah dalam berjualan. Contoh-contoh strateginya antara lain melakukan periklanan online semisal Google Adwords atau Facebook. Anda bisa membuat komunitas online (semacam forum atau fb group) yang berhubungan dengan produk yang dijual. Dari sana kita bisa analisa dan survei apa keinginan dari mereka. Lakukanlah teknik promosi secara halus (soft selling) melalui wujud tips yang berguna bagi pembaca dan mereka tanpa sadar membeli produk yang kita sarankan (rekomendasikan). Perlu teknik cara penulisan yang baik agar pembaca segera “take action” untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Online Marketing Dalam Usaha Laundry

Demikian pula dengan usaha laundry boleh meniru prinsip online marketing, karena hal ini tidak ada bedanya. Dengan mengapalikasikan teknik ini, niscaya laundry Anda akan dikenal di jagad intenet dan menghasilkan konversi rupiah.